Judul Makalah :
Matematika : Integral
Bidang Studi :
Matematika
Penyusun :
NA
Penjelasan Makalah :
A.
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan
proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
3.
Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator:
2.1
Memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam
memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah
2.2
Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam melakukan
tugas belajar matematika.
3.28 Mendeskripsikan konsep integral tak tentu
suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi.
Indikator:
·
Dengan menggunakan konsep integral
tak tentu sebagai kebalikan dari turunan fungsi, siswa dapat menentukan anti
turunan dari fungsi aljabar.
4.20 Memilih
strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah
nyata tentang integral taktentu dari fungsi aljabar.
Indikator:
·
Terampil menerapkan konsep integral taktentu dari fungsi
aljabar sebagai kebalikan dari turunan fungsi (antiturunan fungsi aljabar)
dalam menyelesaikan masalah nyata.
C. Tujuan
Pembelajaran:
Dengan proses
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan
melalui kegiatan di dalam kelas atau diluar kelas, siswa dapat:
1.
Menemukan
konsep integral tak tentu sebagai kebalikan dari turunan fungsi.
2.
Menentukan anti
turunan dari fungsi aljabar dengan menggunakan konsep integral tak
tentu sebagai kebalikan dari turunan fungsi.
3.
Menyelesaikan masalah
mencari anti turunan fungsi jika gradien garis singgung diketahui, dengan menggunakan
konsep integral taktentu.
JIKA Link download ERROR pada makalah [RPP] Matematika : Integral silahkan ulangi KLIK download lagi.