[Makalah] Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi Perkotaan

Judul Skripsi : Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi Perkotaan

Bidang Studi : Sosiologi
Penyusun :
Penjelasan Skripsi :

Sosiologi perkotaan merupakan bagian dari studi sosiologi tentang kehidupan sosial dan interaksi manusia di wilayah metropolitan. Sosiologi perkotaan mempelajari masyarakat perkotaan dan segala pola interaksi yang dilakukannya sesuai dengan lingkungan tempat tinggalnya. Materi yang dipelajari antara lain mata pencaharian hidup, pola hubungan dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, dan pola pikir dalam menyikapi suatu permasalahan. Studi ini adalah disiplin sosiologi norma yang mempelajari struktur, proses, perubahan dan masalah di sebuah wilayah urban dan memberi masukan untuk perencanaan dan pembuatan kebijakan.

Seperti bidang sosiologi yang lainnya, sosiologi perkotaan juga menggunakan analisis statistik, pengamatan, teori sosial, wawancara, dan metode lain untuk mempelajari berbagai topik, seperti migrasi dan demografi, ekonomi, kemiskinan, hubungan ras, dan lainnya

Begitu banyak bayangan kita tantang kota yang tanpa ada batasan yang jelas, yang mana dalam bayangan kita ketika ada istilah kota, maka yang kita bayangkan adalah sebuah wilayah yang selalu sibuk dengan segala aktivitasnya. Dan kota selalu dipandang sebagai pusat pendidikan, pusat kegiatan ekonomi, dan pusat pemerintahan. Namun, berdasarkan sejarahnya perkembangan kota itu berasal dari tempat-tempat pemukiman yang sangat sederhana. Begitupun mengenai ruang lingkupnya pasti terdapat batasan-batasan konkritnya juga.

Maka untuk itu dalam makalah ini kami mencoba memaparkan pengertian kota menurut para ahlinya serta aspek-aspek dari perkotaan. Yang nantinya dapat dijadikan sebagai pembanding dalam mencermati setiap keadaan di lingkungan kita.

JIKA Link download ERROR pada makalah [Makalah] Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi Perkotaan silahkan ulangi KLIK download lagi.