Kunci Jawaban Bimtek Guru Belajar Masa Pandemi Covi-19

Tags

·  Tujuan Pembelajaran Jarak Jauh berikut ini merupakan landasan yang terkait dengan pemberlakuan kurikulum pada kondisi khusus…

  •  Pemenuhan dukungan psikososial bagi guru, siswa dan orangtua 

·  Prinsip Pembelajaran Jarak Jauh berikut ini merupakan landasan yang terkait dengan pemberlakuan kurikulum pada kondisi khusus..

  • Siswa senang menjalani pembelajaran masa pandemi
  • Siswa tetap belajar meskipun di tengah pandemi
  • Menerapkan pembelajaran untuk kecakapan hidup
  • Menerapkan penguasaan cakupan materi yang lebih luas

Incorrect

·  Yang bukan termasuk pilihan pelaksanaan kurikulum pembelajaran dalam keputusan Mendikbud tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus, adalah …

  • Tetap mengacu pada Kurikulum Nasional
  • Menggunakan kurikulum darurat
  • Membebaskan sekolah dari segala bentuk kurikulum
  • Melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri

Correct

·  Kurikulum pada kondisi khusus merupakan …

  • Penyederhanaan dari kurikulum nasional
  • Kurikulum yang baru untuk masa pandemi
  • Gabungan kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
  • Penjabaran dari kurikulum nasional yang dirasa perlu diberikan

Incorrect

·  Dengan penerapan kurikulum pada kondisi khusus diharapkan…

  • Guru dan siswa mampu mencapai kompetensi yang telah ditetapkan setahun dengan cakupan yang telah ditentukan
  • Guru dan siswa dibebaskan dari berbagai beban kurikulum dan kompetensi yang tidak realistis
  • Guru dan siswa dapat melewati masa darurat pandemi Covid-19 dengan kompetensi minimal saja
  • Guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial yang diperlukan untuk kelanjutan pembelajaran

Correct

·  Hal manakah yang dapat membuktikan penguasaan kompetensi siswa?

  • Kemampuan untuk membuat produk sesuai contoh
  • Kemampuan untuk memecahkan masalah terkait kehidupan
  • Kemampuan berpikir kritis dengan menjawab soal analisis
  • Kemampuan untuk mendapatkan nilai diatas KKM

Correct

·  Pembelajaran berbasis kompetensi terlihat dari …

  • Berbagai kebutuhan siswa yang terfasilitasi dengan berbagai strategi pembelajaran
  • Berbagai materi yang bervariasi dan cukup luas cakupannya untuk dipelajari
  • Berbagai produk hasil akhir terlihat sebagai bukti tugas akhir yang sesuai materi
  • Meningkatnya capaian nilai KKM kelas dan sekolah selama satu tahun ajaran

 

·  Tujuan dari dilakukannya asesmen diagnosis awal pembelajaran adalah…

  • Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
  • Memonitor perkembangan non kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar
  • Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
  • Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa

Incorrect

·  Berikut ini adalah siklus asesmen di awal pembelajaran…

  • Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
  • Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
  • Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
  • Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi

Correct

·  Dalam melakukan persiapan diagnosis awal non kognitif, anda dapat memberikan pertanyaan kunci seperti…

  • Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
  • Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah?
  • Apa orang tuamu lakukan untuk membantumu ketika belajar dari rumah?
  • Apa tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?

Correct

·  Guru Tya telah melakukan asesmen diagnosis kognitif dan non kognitif awal, Adit seorang siswanya memiliki nilai skor yang tinggi pada asesmen kognitifnya namun pada asesmen non kognitif Adit mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan pembelajaran jarak jauh yang gurunya berikan.
Dari cerita diatas tindak lanjut yang dapat Guru Tya lakukan adalah…

  • Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
  • Membuat aktivitas belajar yang kreatif
  • Melakukan diskusi dengan Adit dan orang tuanya, terkait kendala yang dihadapi Adit
  • Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit

·  Berikut ini yang bukan merupakan tiga kategori asesmen dalam pembelajaran ialah…

  • Asesmen untuk proses belajar
  • Asesmen terhadap proses belajar
  • Asesmen dalam proses belajar
  • Asesmen sebagai proses belajar

Incorrect

·  Miskonsepsi asesmen pembelajaran yang sering terjadi adalah…

  • Asesmen dilakukan di akhir materi pembelajaran berupa tes tertulis
  • Asesmen dilakukan untuk mengukur pemahaman terhadap proses belajar
  • Asesmen dilakukan untuk memberi umpan balik dan tindak lanjut hasil belajar
  • Asesmen dilakukan dengan melibatkan siswa dalam pelaksanaannya

Correct

·  Tujuan dari asesmen terhadap proses belajar ialah…

  • Mengumpulkan informasi untuk umpan balik dan tindak lanjut proses belajar
  • Menilai hasil belajar siswa
  • Monitoring dan refleksi proses belajar siswa
  • Mendiagnosis kesulitan belajar siswa

Incorrect

·  Selama proses pembelajaran, Guru Rahmi selalu memberi umpan balik untuk mengumpulkan informasi sejauh mana pemahaman siswa menguasai materi yang disampaikan. Dalam hal ini, Guru Rahmi telah menerapkan salah satu dari kategori asesmen..

  • Asesmen untuk proses belajar
  • Asesmen terhadap proses belajar
  • Asesmen dalam proses belajar
  • Asesmen sebagai proses belajar

Incorrect

·  Berikut ini merupakan tujuan merancang asesmen diagnosis berkala yaitu..

  • Menilai hasil belajar siswa
  • Melibatkan orang tua dalam proses belajar anak
  • Memfasilitasi sarana dan fasilitas pendukung pembelajaran
  • Memetakan kemampuan belajar siswa

Incorrect

·  Menurut Anda, kapan waktu yang tepat untuk melakukan asesmen diagnosis berkala?

  • Di awal saat hendak memulai topik/materi pembelajaran
  • Di akhir saat hendak mengakhiri topik/materi pembelajaran
  • Saat melaksanakan pembelajaran
  • Dilaksanakan secara rutin pada awal/akhir/waktu lain saat proses pembelajaran

Incorrect

·  Asesmen diagnosis berkala termasuk ke dalam asesmen…

  • Asesmen sumatif
  • Asesmen formatif
  • Asesmen terhadap proses belajar
  • Asesmen diagnostik

Correct

·  Berikut ini merupakan keterkaitan antara asesmen diagnosis berkala dengan asesmen formatif, kecuali…

  • Orientasi pada proses belajar siswa
  • Dilakukan secara berkala saat pembelajaran berlangsung
  • Mengukur hasil belajar siswa
  • Memberi umpan balik dan tindak lanjut hasil diagnosis

Incorrect

·  Asesmen diagnosis berkala dilakukan melalui tiga tahap mencakup persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Apa saja yang dilakukan dalam tahap persiapan?

  • Menyusun 10 soal sederhana
  • Memberikan asesmen secara tatap muka atau belajar dari rumah
  • Mengolah hasil asesmen
  • Melakukan asesmen diagnosis kognitif

Correct

·  Apa harapan Anda saat melakukan ketiga tahap asesmen diagnosis berkala?

  • Menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan rata-rata kemampuan siswa
  • Mengukur pencapaian hasil belajar siswa
  • Mengembangkan potensi dan minat siswa
  • Melibatkan orang tua dalam asesmen

 

Pembelajaran Jarak Jauh berarti pembelajaran daring/online

Grup Whatsapp

Guru berinteraksi bersama siswa sesuai waktu yang disepakati

Luar jaringan

Dalam jaringan

Menggunakan paduan pembelajaran luring dan daring

Pembelajaran terpadu (blended)

Sinkron pada pembelajaran terpadu (blended)

Asinkron pada pembelajaran terpadu (blended)

Memanusiakan hubungan dan memberdayakan konteks


 

·  Dalam praktik pembelajaran jarak jauh, guru perlu menguasai pengetahuan Pedagogi, pengetahuan konten, dan pengetahuan teknologi. Pengetahuan pedagogi merupakan …

  • Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
  • Pengetahuan mengenai standar teknologi yang digunakan
  • Pengetahuan mengenai konsep penting yang dipelajari
  • Pengetahuan mengenai proses atau metode pembelajaran

Incorrect

·  Mengintegrasikan pengetahuan teknologi pada pengetahuan pedagogi dan pengetahuan konten menghasilkan pengetahuan konten pedagogi teknologi dimana …

  • teknologi melibatkan cara pedagogis untuk mengajarkan konten.
  • teknologi merupakan cara yang tepat guna mendukung pembelajaran
  • teknologi merupakan salah satu konten penting yang perlu dipelajari
  • teknologi menjadi pengetahuan utama yang perlu dikuasai guru

Incorrect

·  Pengalaman pembelajaran manakah yang memungkinkan siswa untuk mengingat lebih banyak?

  • Mendengar ceramah
  • Menonton video
  • Melihat pameran
  • Melakukan simulasi

Incorrect

·  Aktivitas yang dilakukan siswa berikut ini, yang masih digolongkan sebagai pembelajaran yang pasif adalah …

  • Mengevaluasi
  • Menjelaskan
  • Menciptakan
  • Menganalisis

Incorrect

·  Piramida pengalaman belajar Dale membantu guru untuk menghubungkan tujuan pembelajaran dengan ….

  • Metode dan pilihan media pembelajaran
  • Kebutuhan pembelajaran siswa
  • Konten yang akan dipelajari siswa
  • Target pencapaian akhir pembelajaran

Incorrect

·  Siswa kelas 1 lebih bersemangat untuk belajar Bahasa Indonesia karena hari ini Guru Ima mengajak mereka untuk membuat komik tentang keluarga. Hal ini menunjukan manfaat media untuk …

  • Menyampaikan pesan lebih jelas
  • Mengubah pengalaman abstrak menjadi konkrit
  • Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
  • Mendorong keterlibatan murid

Incorrect

·  Film pendek penunjang pembelajaran termasuk ke dalam jenis media …

  • Audio visual
  • Audio visual bergerak
  • Audio visual tidak bergerak
  • Multimedia

Correct

·  Salah satu kekurangan dari sumber belajar yang dirancang sendiri oleh guru, antara lain …

  • Sesuai dengan rencana pembelajaran
  • Memungkinkan adanya personalisasi
  • Membutuhkan energi dan waktu pembuatan
  • Membutuhkan waktu untuk kurasi materi

Incorrect

·  Manfaat pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran jarak jauh yang paling terlihat  adalah …

  • Pembelajaran yang searah menjadi lebih interaktif
  • Pembelajaran menggunakan aplikasi yang canggih
  • Pembelajaran menjadi lebih kaya dengan aktivitas
  • Pembelajaran lebih mendukung kompetensi siswa

Incorrect

·  Dari asesmen diagnostik awal, Guru Rizqy mendapat data bahwa rata-rata muridnya memiliki gadget berupa hape dengan jangkauan jaringan internet yang cukup memadai di daerahnya. Setelah melihat kelebihan dan kekurangan dari berbagai aplikasi. Guru Rizqy memilih menggunakan whatsapp untuk pembelajaran jarak jauh. Fitur obrolan, voice note, pengiriman gambar, video dan dokumen juga cukup dikenal dan mudah digunakan. Pemilihan ini didasari pertimbangan …

  • Tujuan pembelajaran
  • Karakteristik siswa
  • Keadaan lingkungan
  • Potensi teknologi

Incorrect

 

JIKA Link download ERROR pada makalah Kunci Jawaban Bimtek Guru Belajar Masa Pandemi Covi-19 silahkan ulangi KLIK download lagi.