·
Tujuan Pembelajaran Jarak Jauh berikut ini merupakan landasan yang
terkait dengan pemberlakuan kurikulum pada kondisi khusus…
- Pemenuhan
dukungan psikososial bagi guru, siswa dan orangtua
·
Prinsip Pembelajaran Jarak Jauh berikut ini merupakan landasan yang
terkait dengan pemberlakuan kurikulum pada kondisi khusus..
- Siswa
senang menjalani pembelajaran masa pandemi
- Siswa
tetap belajar meskipun di tengah pandemi
- Menerapkan pembelajaran
untuk kecakapan hidup
- Menerapkan
penguasaan cakupan materi yang lebih luas
Incorrect
·
Yang bukan termasuk pilihan pelaksanaan kurikulum pembelajaran dalam
keputusan Mendikbud tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan
Pendidikan dalam Kondisi Khusus, adalah …
- Tetap
mengacu pada Kurikulum Nasional
- Menggunakan
kurikulum darurat
- Membebaskan
sekolah dari segala bentuk kurikulum
- Melakukan
penyederhanaan kurikulum secara mandiri
Correct
·
Kurikulum pada kondisi khusus merupakan …
- Penyederhanaan
dari kurikulum nasional
- Kurikulum
yang baru untuk masa pandemi
- Gabungan
kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
- Penjabaran
dari kurikulum nasional yang dirasa perlu diberikan
Incorrect
·
Dengan penerapan kurikulum pada kondisi khusus diharapkan…
- Guru
dan siswa mampu mencapai kompetensi yang telah ditetapkan setahun dengan
cakupan yang telah ditentukan
- Guru
dan siswa dibebaskan dari berbagai beban kurikulum dan kompetensi yang
tidak realistis
- Guru
dan siswa dapat melewati masa darurat pandemi Covid-19 dengan kompetensi
minimal saja
- Guru
dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial yang diperlukan untuk
kelanjutan pembelajaran
Correct
·
Hal manakah yang dapat membuktikan penguasaan kompetensi siswa?
- Kemampuan
untuk membuat produk sesuai contoh
- Kemampuan
untuk memecahkan masalah terkait kehidupan
- Kemampuan
berpikir kritis dengan menjawab soal analisis
- Kemampuan
untuk mendapatkan nilai diatas KKM
Correct
·
Pembelajaran berbasis kompetensi terlihat dari …
- Berbagai
kebutuhan siswa yang terfasilitasi dengan berbagai strategi pembelajaran
- Berbagai
materi yang bervariasi dan cukup luas cakupannya untuk dipelajari
- Berbagai
produk hasil akhir terlihat sebagai bukti tugas akhir yang sesuai materi
- Meningkatnya
capaian nilai KKM kelas dan sekolah selama satu tahun ajaran
·
Tujuan dari dilakukannya asesmen diagnosis awal pembelajaran adalah…
- Memonitor
kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
- Memonitor
perkembangan non kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian
belajar
- Memonitor
keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
- Memonitor
perkembangan emosi dan psikologis siswa
Incorrect
·
Berikut ini adalah siklus asesmen di awal pembelajaran…
- Evaluasi
– Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
- Asesmen
kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
- Evaluasi
dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
- Asesmen
non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi
Correct
·
Dalam melakukan persiapan diagnosis awal non kognitif, anda dapat
memberikan pertanyaan kunci seperti…
- Apa
yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
- Apa
saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah?
- Apa
orang tuamu lakukan untuk membantumu ketika belajar dari rumah?
- Apa
tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?
Correct
·
Guru Tya telah melakukan asesmen diagnosis kognitif dan non kognitif
awal, Adit seorang siswanya memiliki nilai skor yang tinggi pada asesmen
kognitifnya namun pada asesmen non kognitif Adit mengatakan bahwa dirinya tidak
menyukai kegiatan pembelajaran jarak jauh yang gurunya berikan.
Dari cerita diatas tindak lanjut yang dapat Guru Tya lakukan adalah…
- Membentuk
kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
- Membuat
aktivitas belajar yang kreatif
- Melakukan
diskusi dengan Adit dan orang tuanya, terkait kendala yang dihadapi Adit
- Memberikan
pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit
·
Berikut ini yang bukan merupakan tiga kategori asesmen dalam
pembelajaran ialah…
- Asesmen
untuk proses belajar
- Asesmen
terhadap proses belajar
- Asesmen
dalam proses belajar
- Asesmen
sebagai proses belajar
Incorrect
·
Miskonsepsi asesmen pembelajaran yang sering terjadi adalah…
- Asesmen
dilakukan di akhir materi pembelajaran berupa tes tertulis
- Asesmen
dilakukan untuk mengukur pemahaman terhadap proses belajar
- Asesmen
dilakukan untuk memberi umpan balik dan tindak lanjut hasil belajar
- Asesmen
dilakukan dengan melibatkan siswa dalam pelaksanaannya
Correct
·
Tujuan dari asesmen terhadap proses belajar ialah…
- Mengumpulkan
informasi untuk umpan balik dan tindak lanjut proses belajar
- Menilai
hasil belajar siswa
- Monitoring
dan refleksi proses belajar siswa
- Mendiagnosis
kesulitan belajar siswa
Incorrect
·
Selama proses pembelajaran, Guru Rahmi selalu memberi umpan balik untuk
mengumpulkan informasi sejauh mana pemahaman siswa menguasai materi yang
disampaikan. Dalam hal ini, Guru Rahmi telah menerapkan salah satu dari
kategori asesmen..
- Asesmen
untuk proses belajar
- Asesmen
terhadap proses belajar
- Asesmen
dalam proses belajar
- Asesmen
sebagai proses belajar
Incorrect
·
Berikut ini merupakan tujuan merancang asesmen diagnosis berkala yaitu..
- Menilai
hasil belajar siswa
- Melibatkan
orang tua dalam proses belajar anak
- Memfasilitasi
sarana dan fasilitas pendukung pembelajaran
- Memetakan
kemampuan belajar siswa
Incorrect
·
Menurut Anda, kapan waktu yang tepat untuk melakukan asesmen diagnosis
berkala?
- Di
awal saat hendak memulai topik/materi pembelajaran
- Di
akhir saat hendak mengakhiri topik/materi pembelajaran
- Saat
melaksanakan pembelajaran
- Dilaksanakan
secara rutin pada awal/akhir/waktu lain saat proses pembelajaran
Incorrect
·
Asesmen diagnosis berkala termasuk ke dalam asesmen…
- Asesmen
sumatif
- Asesmen
formatif
- Asesmen
terhadap proses belajar
- Asesmen
diagnostik
Correct
·
Berikut ini merupakan keterkaitan antara asesmen diagnosis berkala
dengan asesmen formatif, kecuali…
- Orientasi
pada proses belajar siswa
- Dilakukan
secara berkala saat pembelajaran berlangsung
- Mengukur
hasil belajar siswa
- Memberi
umpan balik dan tindak lanjut hasil diagnosis
Incorrect
·
Asesmen diagnosis berkala dilakukan melalui tiga tahap mencakup
persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Apa saja yang dilakukan dalam tahap
persiapan?
- Menyusun
10 soal sederhana
- Memberikan
asesmen secara tatap muka atau belajar dari rumah
- Mengolah
hasil asesmen
- Melakukan
asesmen diagnosis kognitif
Correct
·
Apa harapan Anda saat melakukan ketiga tahap asesmen diagnosis berkala?
- Menyesuaikan
pembelajaran di kelas dengan rata-rata kemampuan siswa
- Mengukur
pencapaian hasil belajar siswa
- Mengembangkan
potensi dan minat siswa
- Melibatkan
orang tua dalam asesmen
Pembelajaran Jarak Jauh berarti pembelajaran daring/online
Grup Whatsapp
Guru berinteraksi bersama siswa sesuai waktu yang disepakati
Luar jaringan
Dalam jaringan
Menggunakan paduan pembelajaran luring dan daring
Pembelajaran terpadu (blended)
Sinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
Asinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
Memanusiakan hubungan dan memberdayakan konteks
·
Dalam praktik pembelajaran jarak jauh, guru perlu menguasai pengetahuan
Pedagogi, pengetahuan konten, dan pengetahuan teknologi. Pengetahuan pedagogi
merupakan …
- Pengetahuan
mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
- Pengetahuan
mengenai standar teknologi yang digunakan
- Pengetahuan
mengenai konsep penting yang dipelajari
- Pengetahuan
mengenai proses atau metode pembelajaran
Incorrect
·
Mengintegrasikan pengetahuan teknologi pada pengetahuan pedagogi dan
pengetahuan konten menghasilkan pengetahuan konten pedagogi teknologi dimana …
- teknologi
melibatkan cara pedagogis untuk mengajarkan konten.
- teknologi
merupakan cara yang tepat guna mendukung pembelajaran
- teknologi
merupakan salah satu konten penting yang perlu dipelajari
- teknologi
menjadi pengetahuan utama yang perlu dikuasai guru
Incorrect
·
Pengalaman pembelajaran manakah yang memungkinkan siswa untuk mengingat
lebih banyak?
- Mendengar
ceramah
- Menonton
video
- Melihat
pameran
- Melakukan
simulasi
Incorrect
·
Aktivitas yang dilakukan siswa berikut ini, yang masih digolongkan
sebagai pembelajaran yang pasif adalah …
- Mengevaluasi
- Menjelaskan
- Menciptakan
- Menganalisis
Incorrect
·
Piramida pengalaman belajar Dale membantu guru untuk menghubungkan
tujuan pembelajaran dengan ….
- Metode
dan pilihan media pembelajaran
- Kebutuhan
pembelajaran siswa
- Konten
yang akan dipelajari siswa
- Target
pencapaian akhir pembelajaran
Incorrect
·
Siswa kelas 1 lebih bersemangat untuk belajar Bahasa Indonesia karena
hari ini Guru Ima mengajak mereka untuk membuat komik tentang keluarga. Hal ini
menunjukan manfaat media untuk …
- Menyampaikan
pesan lebih jelas
- Mengubah
pengalaman abstrak menjadi konkrit
- Mengatasi
keterbatasan ruang dan waktu
- Mendorong
keterlibatan murid
Incorrect
·
Film pendek penunjang pembelajaran termasuk ke dalam jenis media …
- Audio
visual
- Audio
visual bergerak
- Audio
visual tidak bergerak
- Multimedia
Correct
·
Salah satu kekurangan dari sumber belajar yang dirancang sendiri oleh
guru, antara lain …
- Sesuai
dengan rencana pembelajaran
- Memungkinkan
adanya personalisasi
- Membutuhkan
energi dan waktu pembuatan
- Membutuhkan
waktu untuk kurasi materi
Incorrect
·
Manfaat pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran jarak jauh yang
paling terlihat adalah …
- Pembelajaran
yang searah menjadi lebih interaktif
- Pembelajaran
menggunakan aplikasi yang canggih
- Pembelajaran
menjadi lebih kaya dengan aktivitas
- Pembelajaran
lebih mendukung kompetensi siswa
Incorrect
·
Dari asesmen diagnostik awal, Guru Rizqy mendapat data bahwa rata-rata
muridnya memiliki gadget berupa hape dengan jangkauan jaringan internet yang
cukup memadai di daerahnya. Setelah melihat kelebihan dan kekurangan dari
berbagai aplikasi. Guru Rizqy memilih menggunakan whatsapp untuk pembelajaran
jarak jauh. Fitur obrolan, voice note, pengiriman gambar, video dan dokumen
juga cukup dikenal dan mudah digunakan. Pemilihan ini didasari pertimbangan …
- Tujuan
pembelajaran
- Karakteristik
siswa
- Keadaan
lingkungan
- Potensi
teknologi
Incorrect