DOWNLOADMAKALAHDANSKRIPSI.BLOGSPOT.COM-Soal latihan pasca bimtek GTK pada masa pandemi Covid-19 Program Guru belajar. Bagi anda peserta bimtek yang diselenggaran oleh Ditjen GTK kementerian Pendidikan dan Kebudayan melalui aplikasi sim PKB masing-masing.
Bimtek ini merupakan program guru belajar seri masa pademi covid-19 yang dapat diikuti oleh semua guru mulai jenjang paud/SD/SMP/SMA/SMK dalam merancang pembelajaran jarak jauh baik itu moda daring, luring maupun blanded learning.
Selain itu hadirnya kurikulum khusus pada masa pandemi merupakan penyederhanan dari kurikulum nasional. Satuan pendidikan boleh memilih masih tetap menggunakan kurikulum nasional atau kurikulum kondisi khusus.
Sebelum mengikuti kegiatan ini peserta diwajibkan mengikuti tahapan orientasi. Setelah anda melakukan orientasi kegiatan anda diminta mengisi kuis pra kegiatan /program. Jumlah soal pra program sebanyak 50 butir dengan materi soal berkiatan dengan pembelajaran PJJ, asesmen pembelajaran, 5M, kurikulum kondisi khusus dan lain-lain.
Anda tidak perlu risau bila nilai yang anda peroleh masih di bawah 70 karena itu soal hanya bersifat uji kompetensi awal yang bukan menentukan kelulusan perserta pada kegiatan bimtek ini
Pada setiap kegiatan pembelajaran disajikan materi yang luar biasa mudah untuk dipahami oleh peserta karena di sajikan dalam bentuk artikel dengan dilengkapi dengan video dan infografis. Setelah anda mengikuti pembelajaran pada setiap topik diminta menjawab kuis dengan jumlah soal bervariatif pada masing-masing topiknya. Anda juga diminta untuk mengambarkan perasaan anda berupa gambar emotion dan memberikan komentar pada kolom yang disediakan.
Soal-soal pada setiap sesi kegiatan yang dijawab oleh peserta menjadi tolokukur penguasaan materi yang telah dipelajari. anda dapat melanjutkan ke topik berikutnya jika memperoleh nilai pada kuis dengan nilai sama dengan atau lebih besar dari 70.
Berikut ini adalah contoh soal yang dapat anda pelajari agar mampu menjawab soal pada akhir kegiatan atau dikenal dengan istilah kuis pasca program.
1. Pembelajaran yang berfokus pada pendidikan kecakapan hidup adalah salah satu prinsip Pembelajaran Jarak Jauh. Anda dapat menerapkan prinsip tersebut dengan memberikan aktivitas…
- Pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan dengan melakukan transaksi membeli dan menjual barang
- Pembelajaran penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat makan
- Pembelajaran materi menulis surat resmi dengan mengirim surat kepada Gubernur
- Pembelajaran materi organ pencernaan dengan melakukan interview bersama dokter
2. Mengukur penguasaan dan penerapan hasil belajar oleh peserta didik terkait capaian kurikulum merupakan kategori….
- Asesmen pembelajaran
- Asesmen untuk belajar
- Asesmen sebagai belajar
- Asesmen terhadap belajar
|
3. Guru Irene adalah seorang guru kelas 3. Di awal tahun ajaran baru, Guru Irene memulai kelas meminta siswa bercerita dengan menjawab tiga pertanyaan. Berikut ini adalah pertanyaan yang Guru Irene berikan:
1. “Bagaimana kabar kamu hari ini?”
2. “Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar di rumah dalam 3 bulan terakhir kemarin?”
3. “Kegiatan atau tugas apa yang paling menyenangkan dan tidak menyenangkan yang kamu dapatkan kemarin?”
Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa yang sedang dilakukan Guru Irene merupakan langkah-langkah asesmen awal pada tahap…
- Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
- Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
4. Salah satu prinsip utama Pembelajaran Jarak Jauh yang harus dipahami oleh guru adalah…
- Memberikan tugas sesuai target capaian kurikulum
- PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
- Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik
- Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar peserta didik
5. Di dalam kelas, guru Ani menggunakan media belajar audio visual karena menyadari peserta didiknya memiliki gaya belajar yang berbeda. Pemilihan media belajar yang dilakukan guru Ani berdasarkan…
- Karakteristik peserta didik
- Potensi media dan teknologi
- Keadaan latar atau lingkungan
- Tujuan pembelajaran
6. Dalam menghadapi situasi darurat wabah Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh harus dilakukan. Dalam pelaksanaannya, banyak kendala atau kesulitan terjadi. Oleh karena itu hal penting yang harus dilakukan adalah…
- Menyediakan telepon genggam dan laptop untuk guru dan peserta didik
- Mendorong kolaborasi orang tua, guru, dan peserta didik
- Memastikan orang tua mendampingi peserta didik selama kelas online berlangsung
- Meminta peserta didik untuk mengerjakan dan mengumpulkan semua tugas tepat waktu
7. Mengumpulkan tugas pembelajaran melalui e-mail, Google Drive, atau mengirim melalui aplikasi WhatsApp merupakan jenis aktivitas pembelajaran….
- Daring sinkron
- Daring asinkron
- Luring sinkron
- Luring asinkron
8. Selama pembelajaran jarak jauh, guru Dinda menerima banyak keluhan dari orang tua yang mengalami kesulitan mendampingi anak belajar. Selain itu, setiap kelas daring, guru Dinda merasa bahwa peserta didiknya bosan dan kesulitan memahami materi. Permasalahan tersebut dapat dihindari jika guru Dinda melakukan…
- Asesmen formatif
- Asesmen kognitif
- Asesmen diagnosis awal
- Asesmen sumatif
9. Asesmen diagnosis berkala merupakan asesmen formatif berdasarkan tujuan dan prinsipnya. Hal ini terkait dengan…
- Pemeriksaan kemampuan belajar peserta didik untuk membantu proses belajar
- Berfokus pada proses belajar peserta didik dan dilakukan di akhir semester
- Umpan balik pada peserta didik hanya untuk topik pembelajaran tertentu
- Tindak lanjut proses belajar sesuai dengan hasil nilai ujian akhir
10. Ketika Pembelajaran Jarak Jauh mulai diterapkan, hal pertama yang harus dilakukan oleh guru adalah…
- Menyiapkan aktivitas dan tugas belajar
- Membangun kesepakatan dengan orangtua dan peserta didik
- Mengumpulkan informasi mengenai kesiapan orangtua dan peserta didik
- Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
11. Sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Jumlah rombongan belajar yang banyak membuat sekolah harus membagi peserta didik bergiliran hadir selama 3 hari di sekolah. Di sisi lain guru-guru merasa waktu yang diberikan masih kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, manakah langkah yang dapat dipilih oleh guru?
- Tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai aturan
- Mengembalikan pembelajaran seperti biasa yaitu 6 hari belajar mengajar untuk semua peserta didik
- Menambah waktu pembelajaran lewat internet atau pemberian lembar kerja/modul sebagai pendukung
- Proses belajar mengajar dilaksanakan tatap muka dan meminta peserta didik menyimak radio/TV sebagai pendukung
Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain 4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar
3.5 Mengidentifikasi komponen listrik dan fungsinya serta menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik 4.5 Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik
13. Guru Prima akan mengajar materi listrik untuk kelas VI sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam tabel di atas. Sebelumnya, guru Prima melakukan asesmen diagnosis dan mendapat informasi bahwa ada orang tua murid yang bekerja di Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan memiliki waktu luang. Dari informasi tersebut, manakah aktivitas pembelajaran yang cocok diterapkan guru Prima?
- Memberi tugas menulis makalah tentang cara kerja listrik
- Membuat acara talkshow bersama orang tua murid yang bekerja di PLN
- Mengajak murid menghitung meteran listrik di rumah
- Meminta murid belajar mandiri dari Youtube
14. Guru Amir mengajar di daerah pedesaan yang tidak semua orangtua memiliki gawai (telepon pintar, televisi, radio). Model pembelajaran jarak jauh manakah yang sebaiknya digunakan guru Amir?
- Model PJJ dengan kelas daring
- Model guru kunjung
- Model kelas luring berkelompok kecil
- Model PJJ melalui televisi
15. Guru Budi memberikan tugas menulis kebudayaan daerah pada peserta didiknya. Untuk mengerjakan tugas tersebut, peserta didik diminta untuk mewawancarai orangtua masing-masing. Pembelajaran tersebut termasuk dalam memperoleh informasi dengan sumber belajar….
- Pesan
- Bahan
- Orang
- Alat
16. Dalam konteks pembelajaran jarak jauh, ada aktivitas pembelajaran sinkron dan asinkron. Prinsip pembelajaran sinkron adalah…
- Belajar dilakukan kapan saja, tidak ada jam tertentu
- Murid dan orangtua dapat melihat materi belajar kapan saja, dapat mengulang kembali dan menyesuaikan dengan keadaan rumah
- Menyatukan belajar berbasis proyek/membuat proyek bersama di waktu lain untuk kemudian didiskusikan bersama
- Dalam pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid atau keterampilan komunikasi saat itu juga
17. Berikut ini yang merupakan tujuan utama dari pendidikan adalah…
- Konsep
- Keterampilan
- Konteks
- Kompetensi
18. Guru Tini akan mengajarkan pembelajaran matematika mengenai bangun ruang. Guru Tini menyiapkan sebuah kubus, kawat, dan penggaris dengan ukuran-ukuran yang telah ditetapkan. Dari ilustrasi tersebut, manakah yang termasuk media belajar?
- Ibu Tini sebagai guru matematika
- Bangun ruang sebagai kompetensi yang dipelajari
- Kubus dan kawat yang digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran
- Penggaris yang dipakai peserta didik untuk mengukur panjang kawat sebagai diagonal ruang kubus
19. Manakah diantara pengalaman belajar berikut yang lebih efektif dan memberi informasi lebih banyak untuk peserta didik….
- Melihat simulasi
- Melihat pameran
- Berpartisipasi dalam workshop
- Melakukan simulasi
20. Guru Johnny mengajar di kelas 1 SD. Di awal pertemuan, guru Johnny menanyakan perasaan dan keadaan siswanya. Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa guru Johnny sedang melakukan tahap…
- Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
- Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
21. Perhatikanlah daftar dibawah ini;
- Memberikan komentar atau masukan dari tugas yang dikerjakan peserta didik
- Membuat instruksi tugas yang mudah dipahami orangtua dan peserta didik
- Memperbanyak asesmen formatif untuk membantu peserta didik memahami materi pelajaran
Tergolong dalam cara 5M manakah pernyataan-pernyataan di atas?
- Membangun keberlanjutan
- Memahami konsep
- Memilih tantangan
- Memberdayakan konteks
22. Pekan lalu, guru Adit memberikan tugas membuat laporan kepada peserta didik yang dapat mereka kerjakan dari rumah. Dari laporan yang sudah terkumpul, guru Adit memberikan komentar dan masukan untuk masing-masing peserta didik. Cara 5M yang diterapkan guru Adit adalah…
- Membangun keberlanjutan
- Memahami konsep
- Memilih tantangan
- Memberdayakan konteks
23. Dari pilihan berikut ini, manakah siklus asesmen di awal pembelajaran yang tepat?
- Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
- Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
- Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
- Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi
24. Definisi dari pengetahuan konten adalah…
- Pengetahuan mengenai proses dan praktik atau metode belajar-mengajar.
- Pengetahuan mengenai standar teknologi sederhana sampai yang canggih
- Pengetahuan mengenai tujuan belajar sampai evaluasi
- Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
25. Guru Tya telah melakukan asesmen diagnosis kognitif dan non-kognitif awal. Adit, seorang siswanya, memiliki nilai tinggi pada asesmen diagnosis kognitif. Namun, pada asesmen diagnosis non-kognitif, Adit mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan pembelajaran jarak jauh yang gurunya berikan.
Dari cerita diatas, tindak lanjut yang dapat Guru Tya lakukan adalah…
- Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
- Berdiskusi dengan Adit dan orang tuanya terkait kendala yang dihadapi Adit
- Membuat aktivitas belajar yang kreatif
- Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit
26. Dalam melakukan persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal, anda dapat memberikan pertanyaan kunci seperti..
- Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
- Apa yang orang tuamu lakukan untuk membantumu belajar dari rumah?
- Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah?
- Apa tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?
27. Definisi dari media pembelajaran adalah….
- Berbagai atau semua sumber yang dapat digunakan peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi
- Alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran
- Sesuatu yang bisa digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan dan kemampuan peserta didik dalam belajar
- Suatu cara atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas
28. Kurikulum dalam kondisi khusus merupakan…
- Kurikulum yang baru untuk masa pandemi
- Penyederhanaan dari kurikulum nasional
- Gabungan kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
- Penjabaran dari kurikulum nasional yang dirasa perlu
29. Pembelajaran Jarak Jauh merupakan….
- Pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan tugas melalui WAG/email
- Pembelajaran yang dilakukan dengan meminta murid mendokumentasikan semua kegiatan belajarnya
- Pembelajaran yang diberikan melalui media elektronik (TV, radio) dan membuat catatan
- Pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kondisi murid
30. Melakukan kolaborasi antara guru, orangtua, dan peserta didik termasuk dalam cara 5M…
- Memanusiakan hubungan
- Memahami konsep
- Memberdayakan konteks
- Memilih tantangan.
31. Saat melakukan pembelajaran dari rumah, seorang anak mulai merasa bosan untuk melanjutkan belajar sementara LKS yang harus ia dikerjakan cukup banyak. Apa yang sebaiknya dilakukan?
- Tetap memaksakan peserta didik menyelesaikan pembelajaran karena ada tema yang perlu dikejar
- Menghentikan pembelajaran dan melanjutkan kembali jika anak sudah ada keinginan belajar
- Mengganti dengan proyek lain yang tetap sesuai dengan tema pembelajaran
- Memanfaatkan hal-hal yang menjadi minat anak untuk dijadikan konten belajar
32. Asesmen diagnosis berkala termasuk ….
- Asesmen pembelajaran
- Asesmen terhadap belajar
- Asesmen formatif
- Asesmen sumatif
33. Konsep utama pembelajaran terpadu (blended) adalah….
- Guru menjadi sumber belajar utama yang menentukan keputusan pembelajaran
- Pembelajaran berpusat pada peserta didik dimana peserta didik mengakses sumber belajar daring maupun luring secara mandiri
- Fasilitas internet menjadi sarana paling penting dengan fitur yang bagus dan menarik
- Belajar tergantung pada ketersediaan fasilitas daring maupun luring
34. Di tahun ajaran baru, guru Wendy ditugaskan menjadi wali kelas 4 SD. Sebelum tahun ajaran dimulai, guru Wendy mempersiapkan banyak hal untuk pembelajaran jarak jauh. Salah satunya adalah soal-soal yang terdiri dari materi pelajaran kelas 4 semester 1 dan beberapa materi dari kelas 3 dan 2. Yang dilakukan Guru Wendy merupakan tahapan…
- Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
- Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
35. Apa tujuan dilakukannya asesmen diagnosis?
- Sebagai bahan pertimbangan untuk naik ke kelas selanjutnya
- Membandingkan pemahaman setiap peserta didik di dalam kelas
- Untuk memenuhi penilaian hasil belajar (raport)
- Mengidentifikasi kemampuan dasar peserta didik dalam topik sebuah mata pelajaran
36. Setelah melakukan asesmen diagnosis berkala, hal apa yang dapat dilakukan guru selama proses pembelajaran?
- Guru mengajar semua kelompok, termasuk kelompok dibawah rata-rata untuk menuntaskan kurikulum
- Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan melihat pemahaman beberapa siswa
- Guru melakukan asesmen diagnosis kembali pada siswa yang tidak tuntas sebelum memulai semua materi
- Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua murid di kelas
37. Mengapa KI dan KD perlu diselaraskan?
- Agar memudahkan guru dalam mengajar
- Untuk memenuhi persyaratan kurikulum nasional
- Agar sejalan dengan kebutuhan/kondisi murid
- Agar asesmen mudah dilakukan
38. Empat kemampuan yang menandai penguasaan kompetensi pada siswa adalah ….
- Menalar, siap hidup, kemandirian, ujian bermakna
- Kemandirian, keahlian, menalar, ujian bermakna
- Menalar, kemandirian, keterampilan, ujian bermakna
- Kemandirian, menalar, kecerdasan, ujian bermakna
39. Setelah melakukan asesmen diagnosis kognitif awal, Isma, seorang siswa kelas 5, memiliki hasil asesmen dengan nilai 1 semester di bawah rata-rata kelas. Dari pernyataan tersebut, tindak lanjut yang dapat dilakukan guru kelas 5 adalah…
- Menghubungi orang tua Isma dan meminta untuk menemani Isma selama kelas online berlangsung
- Melakukan asesmen kognitif ulang pada Isma dan siswa lain yang nilainya dibawah rata-rata kelas
- Mengelompokkan siswa dengan nilai dibawah rata-rata kelas untuk mendapatkan pelajaran tambahan
- Menghubungi orang tua Isma dan menyarankan untuk Isma cuti sekolah
40. Guru Adi memberikan tugas proyek secara berkelompok dengan jangka waktu pengerjaan 1 bulan. Selama proyek berlangsung, guru Adi meminta peserta didik untuk memberikan laporan setiap minggu. Guru Adi juga memberikan komentar dan masukan di laporan mingguan peserta didik.
Dari cerita diatas, dapat diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan guru Adi berbasis…
- Konten
- Konsep
- Kompetensi
- Topik
Kompetensi 3 (Pengetahuan) Kompetensi 4 (Keterampilan)
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi tentang cara-cara
perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan. 4.1 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
42. Tabel diatas merupakan KI dan KD kelas 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah menentukan tujuan kompetensi yang menggabungkan pengetahuan dan keterampilan pada KD 3 dan 4, apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan?
- Menetapkan indikator yang mengukur capaian kompetensi siswa
- Menentukan cakupan materi dan bahan pembelajaran siswa
- Membuat aktivitas pembelajaran yang menyenangkan siswa
- Melakukan asesmen untuk mengukur keberhasilan belajar siswa
41. Penggunaan televisi dan radio merupakan media dalam pembelajaran jarak jauh model….
- Dalam jaringan/online
- Luar jaringan /offline
- Terpadu (memadukan)
- Kunjungan guru
42. Hasil asesmen diagnosis yang dilakukan Guru Roni menunjukkan bahwa peserta didiknya merasa bosan belajar dari rumah. Mengetahui hal tersebut, Guru Roni berdiskusi dengan orang tua dan peserta didiknya untuk mencari solusi. Berdasarkan pernyataan diatas, cara 5M yang dilakukan Guru Roni adalah…
- Membangun keberlanjutan
- Memahami konsep
- Memanusiakan hubungan
- Memberdayakan konteks
43. Asesmen untuk belajar dapat digunakan untuk….
- Mendapatkan informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik menentukan tujuan dan tahapan belajar
- Memandu peserta didik melakukan monitor dan refleksi terhadap proses belajarnya
- Mendapatkan informasi yang dibutuhkan orangtua dan pihak lain terkait capaian kurikulum
- Mendapatkan informasi dari peserta didik sebagai laporan akhir proses pembelajaran
44. Seorang guru akan melakukan asesmen diagnosis sebelum mengajar materi baru. Pada tahap persiapan, guru tersebut menyusun 10 soal sederhana. Bagaimanakah pemilihan soal yang sebaiknya dilakukan?
- 2 soal dari materi prasyarat dasar dan 8 soal pada materi yang akan dipelajari
- 8 soal dari materi prasyarat dasar dan 2 soal pada materi yang akan dipelajari
- 4 soal dari materi prasyarat dasar dan 6 soal pada materi yang akan dipelajari
- 6 soal dari materi prasyarat dasar dan 4 soal pada materi
45. Tujuan dari asesmen diagnosis di awal pembelajaran adalah…
- Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
- Memonitor perkembangan non-kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar
- Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
- Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa
46. Selain memanusiakan hubungan, melibatkan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan melalui cara memilih tantangan. Dari pilihan di bawah ini, manakah cara memilih tantangan yang tepat untuk direkomendasikan kepada orang tua?
- Berdiskusi tentang tujuan pembelajaran
- Menyusun jadwal belajar bersama anak
- Bertanya tantangan belajar kepada anak
- Menjadi narasumber untuk topik belajar yang relevan
47. Kelebihan merancang sumber belajar sendiri adalah….
- Sesuai dengan rencana pembelajaran, gaya mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik
- Membutuhkan kreatifitas untuk merancang dan membuatnya
- Mudah ditemui di kehidupan nyata
- Tidak membutuhkan waktu lama dan energi untuk merancang dan membuat
48. Sebelum melaksanakan pembelajaran jarak jauh, Guru Aben terlebih dahulu berkomunikasi dengan orang tua murid. Di beberapa kesempatan, guru Aben menjelaskan mengenai tujuan dan proses pembelajaran jarak jauh lewat video tutorial dan infografis kepada orang tua murid. Apa yang dilakukan guru Aben ini tergolong dalam cara 5M…
- Memberdayakan konteks
- Memilih tantangan
- Memahami konsep
- Membangun keberlanjutan
49. Dari pilihan berikut ini, manakah aktivitas yang dilakukan guru pada tahap pengelolaan hasil asesmen?
- Membagi peserta didik dalam kelompok berdasarkan hasil asesmen
- Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua peserta didik di kelas
- Melakukan penilaian untuk masing-masing peserta didik dengan memberikan nilai 1 apabila jawaban benar, dan nilai 0 apabila jawaban salah
- Melakukan pemetaan terhadap soal yang paling sulit untuk dijawab peserta didik agar menjadi bahan evaluasi
50. Penggunaan media belajar seperti tape recorder, radio, dan telepon merupakan media belajar yang berjenis….
- Visual
- Audio
- Audio visual
- Multimedia