Judul Makalah :
Matematika : Aturan Perkalian
Bidang Studi :
Matematika
Penyusun :
NA
Penjelasan Makalah :
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
2.2 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya
diri, dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi
berpikir dalam
memilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan
masalah.
Indikator:
·
Kerjasama dalam proses saat pemecahan masalah aturan perkalian.
·
Disiplin dalam mengerjakan tugas kelompok.
·
Toleransi terhadap berbagai macam
cara jawaban permasalahan.
3.13Mendeskripsikan
dan menerapkan
berbagai aturan pencacahan
melalui
beberapa contoh nyata
serta
menyajikan
alur perumusan aturan
pencacahan (perkalian, permutasi
dankombinasi) melalui diagram atau
cara
lainnya.
Indikator:
·
Menjelaskan aturan perkalian melalui beberapa contoh
nyata serta menyajikan alur perumusan aturan perkalian.
·
Menerapkan aturan perkalian dalam
pemecahan masalah nyata.
4.10 Memilih dan menggunakan aturan pencacahan
yangsesuai dalam
pemecahan masalah
nyata
sertamemberikan
alasannya.
Indikator
·
Trampil Memilih dan menggunakan aturan perkaliann yangsesuai dalam
pemecahan masalah
nyata serta
memberikan alasannya.
C. Tujuan Pembelajaran :
Dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model Discovery Learning , dalam pembelajaran
1.
Mengembangkan
kerjasama, disiplin dan toleransi
dalam kegiatan kelompok maupun individu selama proses pembelajaran.
2.
Setelah
bereksplorasi dalam kerja kelompok, siswa dapat menganalisis
dan menyimpulkan aturan perkalian
melalui beberapa contoh nyata serta menyajikan alur perumusan aturan perkalian
3.
Setelah
bereksplorasi dalam kerja kelompok, siswa dapat menerapkan
berbagai aturan perkalian dalam pemecahan masalah nyata.
4.
Setelah
bereksplorasi dalam kerja kelompok, siswa trampil memilih
dan menggunakan
aturan perkalianyangsesuai
dalam pemecahan masalah
nyata serta
memberikan alasannya
JIKA Link download ERROR pada makalah [RPP] Matematika : Aturan Perkalian silahkan ulangi KLIK download lagi.